Prosedur Pembelian Tunai

    Prosedur Pembelian Tunai
a.       Fungsi yang Terkait dengan Sistem Akuntansi Pembelian Tunai
Mulyadi (2001:299) menyatakan sistem akuntansi pembelian tunai digunakan dalam sebuah perusahaan untuk mengadakan barang yang diperlukan oleh perusahaan.
1)      Fungsi gudang : dalam sistem pembelian fungsi gudang bertanggung jawab untuk mengajukan permintaan pembelian sesuai dengan posisi persediaan yang ada digudang dan untuk menyimpan barang yang di terima oleh fungsi penerimaan.
2)      Fungsi pembelian : fungsi pembelian bertanggung jawab untukmemperoleh informasi mengenai harga barang, menentukanpemasok yang di pilih dalam pengadaan barang dan mengeluarkanorder pembelian kepada pemasok yang dipilih.
3)      Fungsi penerimaan : didalam sistem ini, berfungsi untukmelakukan pemeriksaan terhadap jenis, mutu, dan kuantitas barangyang di terima dari pemasok guna menentukan dapat atau tidaknyabarang tersebut diterima perusahaan.

4)      Fungsi akuntansi : fungsi yang terkait dalam transaksi pembelianadalah fungsi pencatat utang dan fungsi pecatat persediaan. Dalamsistem akuntansi pembelian, fungsi pencatat utang bertanggungjawab dalam mencatat transaksi pembelian, sedangkan system pecatat persediaan bertanggung jawab untuk mencatat harga pokokpersediaan barang yang dibeli dari kartu persediaan.

" Bagaimana Menurut anda tentang Artikel ini ?, Senang rasanya bila anda mau berbagi pendapat tentang artikel ini "

Semoga bermanfaat:)



0 komentar:

Posting Komentar

Trafic Visitor